Menejemen kelas

 Nama : Hendr wijaya

 Kelas : 4 G

 Nim   : 12001270


Manajemen kelas merupakan kegiatan-kegiatan yang diupayakan oleh seorang guru untuk menciptakan situasi kelas yang kondusif dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal. Kegiatan ini merupakan suatu usaha yang sengaja dilakukan oleh guru supaya pembelajaran dapat berjalan efektif sehingga memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin dan membentuk perilaku berbudaya. [1] Manajemen kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar ang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan. Dengan kata lain manjemen kelas merupakan usaha secara sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis.[2]

Elemen-elemen yang perlu diperhatikan dalam manajemen kelas:[1]

Elemen yang bisa di observasi

penggunaan ruangan kelas

penggunaan waktu

aktivitas belajar mengajar

interaksi/komunikasi

suasana

fasilitas kelas

2. Elemen-elemen tersembunyi

faktor individual kognitif dan afektif)

faktor kelompok

faktor pergaulan luas, budaya dan lain-lain

3. Elemen-elemen inti:

waktu dan tempat (time and space)

engagement (afektif domain)

partisipasi

Tujuan Manajemen Kelas:

Mewujudkan situasi dan kondisi kelas yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan

Menghilangkan berbagai kendala yang menghambat terwujudnya interaksi pembelajaran

Menyediakan dan mengatur fasilitas yang mendukung dan memungkinkan belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional, dan intelek siswa dalam belajar

Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya, serta sifat-sifat individualnya. [2]

Kegiatan manajemen kelas meliputi dua kegiatan yang secara garis besar terdiri dari:[2]

a. Pengaturan orang (siswa)

Penempatan siswa dalam kelas sesuai dengan potensi intelektual dan perkembangan emosionalnya. Siswa diberi kesempatan untuk memperoleh posisi dalam belajar yang sesuai dengan minat dan keinginannya.

b. Pengaturan fasilitas

Fasilitas kelas harus dapat memenuhi dan mendukung interaksi yang terjadi sehingga harmonisasi kehidupan kelas dapat berlangsung dengan baik dari permulaan masa kegiatan belajar sampai akhir masa belajar mengajar.

Permasalahan-permasalahan dalam manajemen kelas:[2]

a. Masalah yang disebabkan oleh guru

guru membiarkan peserta didik berbuat salah

guru lebih mementingkan materi daripada peserta didik

guru kurang menghargai peserta didik

guru kurang memiliki rasa humor

guru mempermalukan siswa

guru gagal menjelaskan tujuan pelajaran pada siswa

guru tidak memahami perbedaan individu

guru berbicara tidak jelas

guru memberi tugas yang terlalu berat dan kompleks

guru tidak memberikan umpan balik terhadap siswa

b. Masalah yang disebabkan oleh peserta didik

siswa yang terlalu mencari perhatian

siswa yang sakit

siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah

siswa yang pesimis daan kurang motivasi belajar

c. Masalah yang disebabkan oleh lingkungan

lingkungan rumah/keluarga

lingkungan tempat tinggal

lingkungan sekolah

situasi sekolah

Langkah-langkah pemecahan masalah manajemen kelas:[2]

a.     Langkah pencegahan:

1.     Peningkatan kesadaran diri sebagai seorang  guru.

2.     Peningkatan kesadaran peserta didik

3.     Guru bersikap tulus

4.     Guru harus mengenal alternative pengelolaan

5.     Guru menciptkaan kontak sosial dengan peserta didik

b.     Langkah penyembuhan (kuratif)

1.     Mengidentifikasi masalah

2.     Menganalisis masalah

3.     Menilai alternative pemecahan masalah

4.     Mendapatkan balikan

Selain langakah-langkah di atas, pemecahan masalah manajemen kelas menurut Maman Surachman (1999:2016-227) adalah sebagai berikut:[2]

a.Pengenalan siswa Pengenaln yang baik terhadap siswa dan pengetahuan mengenai latar belakang mereka akan membuat guru bisa memahami dan mengaambil langkah yang tepaat dalam manajemen kelas

b.Melakukan tindakan korektif Guru dituntut untuk berbuat sesuatu setepat mungkin dalam kelas

c.Melakukan tindakan penyembuhan

Kegiatan penyembuhan dapat dimulai dengan pertemuan langsung dengan siswa sehingga bisa tercipta kontrak individual antara guru dan siswa untuk sama sama memperbaiki diri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama: Hendra wijaya Nim:12001270 Judul: manageman sekolah